Strategi Lembaga Dakwah Berbasis Balanced Scorecard: Resolusi Peningkatan Kinerja LPQ Miftahul Jannah Tahun 2025
DOI:
https://doi.org/10.55372/tanzhim.v3i1.41Abstrak
Kinerja lembaga pendidikan Al-Quran (LPQ) mutlak diperlukan untuk menumbuhkan jiwa Qurani anak-anak semenjak dini. Balanced scorecard sebagai salah satu sistem manajemen strategis terkini dapat membantu peningkatan kinerja organisasi melalui prinsip-prinsip yang diusung meliputi prinsip komprehensif, koheren, terukur, dan berimbang. Kajian ini merupakan kajian terapan (applied research) yang menggunakan metode kualitatif untuk menghasilkan usulan desain strategi peningkatan kinerja LPQ Miftahul Jannah Surabaya dengan menerapkan konsep balanced scorecard. Adapun usulan yang dihasilkan yaitu, untuk meningkatkan kinerja, LPQ Miftahul Jannah perlu mengadaptasi skema perspektif balanced scorecard yang relevan dengan konteks lembaga. Perspektif yang diusulkan meliputi perspektif santri dan perspektif keuangan sebagai perspektif yang mencerminkan hasil dan berada pada hierarki teratas. Kedua perspektif tersebut perlu ditopang oleh perspektif proses internal dan perspektif kapabilitas lembaga. Selain itu, kajian ini juga menghasilkan usulan peta strategi LPQ Miftahul Jannah yang terdiri dari 8 sasaran strategis yang dilengkapi dengan 9 lag indicator dan 7 inisiatif strategis untuk meningkatkan kinerja lembaga secara menyeluruh.
Referensi
Anwar, M. Willian, Afit Tito Purwani, and Nurul Hidayati Murtafiah. “Peran Penyelenggaraan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Terhadap Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Di Masyarakat.” AL-AKMAL : Jurnal Studi Islam 1, no. 1 (2022): 22–37.
Askari Zakariah, M, Jl Raya Kalibeber Km, Mojotengah Kota, and Kec Mojotengah. “Pembelajaran Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.” Journal on Education 06, no. 02 (2024): 14911–19.
Aulgur, Jeffrey J. “The Balanced Scorecard and Improvement Performance in Nonprofit Organizations.” Administrative Issues Journal 2, no. 3 (2012): 10.
Fitroh, F, I Qoyim, A Wadud, A Y Adhanty, and ... “Implementasi Dan Perkembangan Balanced Scorecard: Sistematik Review.” Konferensi …, no. March (2018): 8–9. http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/knsi2018/article/view/373.
Indonesia, Kementrian Agama Republik. “Catat, 190.000 Lembaga Pendidikan Al-Quran Sudah Dapat Tanda Daftar.” Accessed February 20, 2024. https://kemenag.go.id/nasional/catat-190000-lembaga-pendidikan-al-quran-sudah-dapat-tanda-daftar-hanp03.
Kaplan, Robert S., and David P. Norton. Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga, 2000.
———. Execution Premium: Proses Besar Merencanakan Dan Mengeksekusi Strategi. Jakarta: PT Ufuk Publishing House, 2010.
———. The Strategy-Focused Organization: How Balanced Scorecard Companies Thrive in The New Business Environment, 2001.
———. “Using the Balanced Scorecard as a Strategic Management System.” Harvard Business Review 88, no. 2 (2007): 534.
Karimah, Tsaniyatul, and Malichatul Istifadah. “Gaji Guru Taman Pendidikan Al-Qur’an Dalam Perspektif Ekonomi Syari’ah.” Maliyah : Jurnal Hukum Bisnis Islam 8, no. 1 (2018): 1–21. https://doi.org/10.15642/maliyah.2018.8.1.1-21.
Langi, Cornelus Rante, and L.M. Hasriadi. “Pengaruh Penggunaan Balanced Scorecard Terhadap Kinerja Keuangan Di Perusahaan Industri Manufaktur.” Journal of Innovation Research and Knowledge 4, no. 7 (2024): 4933–50. https://doi.org/https://doi.org/10.53625/jirk.v4i7.
Lirizki, Riza. “Arsitektur Perspektif Balanced Scorecard Lembaga Taman Kanak-Kanak Islam Di Indonesia.” Tanzhim: Jurnal Dakwah Terprogram 2, no. 1 (2024): 25–44. https://doi.org/10.55372/tanzhim.v2i1.19.
Lulu syifa, Pratama. “Analisis Kinerja Lembaga Zakat Infaq Dan Shodaqoh Dengan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus Pada Lazis Al-Ihsan Jawa Tengah Cabang Solo Raya).” Academica - Journal of Multidisciplinary Studies 2, no. 2 (2018): 233–46.
Marjayanti, Dian. “Perumusan Strategi Membangun Kemandirian Ekonomi Masjid Berbasis Balanced Scorecard.” INTELEKSIA – Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 3, no. 2 (2022): 217–42. https://doi.org/https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v3i2.185.
Masnawati, Eli, and Salva Nur Fitria. “Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Dalam Pengembangan Akhlak Anak.” Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan 4, no. 2 (2024): 213–24. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v4i2.1738.
Mulyadi. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard. Yogjakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, 2014.
Niven, Paul R. Balanced Scorecard Step-By-Step for Government and Nonprofit Agencies. John Wiley & Sons, Inc, 1995.
Panorama, Maya, and Muhajirin. Pendekatan Praktis: Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif. Yogjakarta: Idea Press Yogyakarta, 2017.
Sipayung, Friska. “Balanced Scorecard: Pengukuran Kinerja Perusahaan Dan Sistem Manajemen Strategis.” Jurnal Manajemen Bisnis 2, no. 1 (2009): 7–14. https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/35212835/balance_scorecard-libre.pdf?1413859618=&response-content-disposition=inline%3B+filename%3DFriska_Sipayung_Balanced_Scorecard_Pengu.pdf&Expires=1688481821&Signature=MDoNG2IjIFED7aM-43PJQgcWLfl8XhinzusX03alnMQV.
Udaya, Achmad Rusvito, Agus Ahmad Suhendra, and Aulia Fashanah. “Perancangan Strategi Komunikasi Pemasaran Produk Keripik Pisang Pelangi Rasa Menggunakan Metode Balanced Scorecard Dan Benchmarking.” EProceedings of Engineering 2, no. 2 (2015): 4174–81. http://libraryeproceeding.telkomuniversity.ac.id/index.php/engineering/article/view/1748.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Riza Lirizki

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.