Arsitektur Perspektif Balanced Scorecard Lembaga Taman Kanak-Kanak Islam Di Indonesia

Penulis

  • Riza Lirizki STID Al Hadid Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55372/tanzhim.v2i1.19

Kata Kunci:

Perspektif, balanced scorecard, Taman Kanak-Kanak

Abstrak

Balanced Scorecard (BSC) merupakan sistem manajemen terkini yang banyak dimanfaatkan oleh organisasi profit maupun nonprofit untuk membantu organisasi agar terkelola secara komprehensif dan koheren. Tak terkecuali lembaga TK Islam yang membutuhkan tool BSC agar lembaga dapat terkelola dengan lebih profesional menggunakan berbagai perspektif yang relevan. Kajian ini bertujuan untuk membuat rancangan arsitektur atau model perspektif BSC yang relevan dengan konteks Lembaga pendidikan TK Islam mengingat arsitektur perspektif BSC orisinil hanya relevan untuk konteks organisasi bisnis. Kajian ini merupakan basic research dengan menggunakan pendekatan kualitatif rasionalistik yang menghasilkan temuan bahwa untuk konteks Lembaga pendidikan TK Islam maka model perspektif  BSC yang relevan terdiri dari enam perspektif meliputi perspektif pelanggan, perspektif kurikulum pendidikan dan pembinaan agama, perspektif pembelajaran dan penilaian, perspektif administrasi, perspektif sumber daya, dan perspektif keorganisasian. Perspektif pelanggan menjadi perspektif yang berada pada hierarki teratas yang ditopang oleh tiga perspektif yang masuk dalam kategori jalan mencapai tujuan yaitu perspektif kurikulum pendidikan dan pembinaan agama, perspektif pembelajaran dan penilaian, dan perspektif administrasi. Keseluruhan perspektif yang mewakili jalan mencapai tujuan perlu ditopang oleh perspektif yang mencerminkan kepabilitas organisasi yaitu perspektif sumber daya dan perspektif keorganisasian.

Referensi

Hamriani H M. “Organisasi Dalam Manajemen Dakwah.” Jurnal Dakwah Tabligh 14, no. 2 (2013): 239–49.

Hikmah, Siti. “Mengenalkan Dakwah Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Ilmu Dakwah 34, no. 1 (2014): 63. https://doi.org/10.21580/jid.v34i1.64.

Iftitah, Selfi Lailiyatul. “Strategi Pengembangan Nilai-Nilai Keagamaan Pada Anak Usia Dini Di TK Islamic Center Surabaya.” KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education 3, no. 1 (2020): 23. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9407.

Kaplan, Robert S. “Conceptual Foundations of the Balanced Scorecard.” Handbooks of Management Accounting Research 3 (2009): 1253–69. https://doi.org/10.1016/S1751-3243(07)03003-9.

Kaplan, Robert S., and David P. Norton. Balanced Scorecard: Menerapkan Strategi Menjadi Aksi. Jakarta: Erlangga, 2000.

———. Execution Premium: Proses Besar Merencanakan Dan Mengeksekusi Strategi. Jakarta: PT Ufuk Publishing House, 2010.

———. The Strategy-Focused Organization: How Balanced Scorecard Companies Thrive in The New Business Environment, 2001.

Kemendikbud RI. Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Taman Kanak-Kanak. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. Jakarta: Kemendikbud RI, 2015. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/12883.

Khairul, A, and E Darisman. “Implementasi Peta Strategi Dalam Dunia Pendidikan Di Indonesia.” JIPKIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Keislaman 2, no. 3 (2022): 132–40. https://jipkis.stai-dq.org/index.php/home/article/view/32%0Ahttps://jipkis.stai-dq.org/index.php/home/article/download/32/46.

Muhadjir, N. Metodologi Penelitian Kualitatif. IV. Yogjakarta: Rake Sarasin, 2000.

Muksin. “Manajemen Balance Scorecard Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Kb Muslimat Nu Nur Ikhlas Desa Bojongsana Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal.” Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Dan Studi Sosial 4, no. 1 (2020): 84–104. https://doi.org/10.33507/cakrawala.v4i1.213.

Mulyadi. Sistem Terpadu Pengelolaan Kinerja Personel Berbasis Balanced Scorecard. Yogjakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN, 2014.

Mustari, Dewi. “Perencanaan Strategic Management Sistem Informasi Dengan Balanced Scorecard Pada Taman Kanak-Kanak.” STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi) 1, no. 1 (2016): 57–64. https://doi.org/10.30998/string.v1i1.969.

Niven, Paul R. Balanced Scorecard Step-By-Step for Government and Nonprofit Agencies. John Wiley & Sons, Inc, 1995.

Ridha, Muhammad Rasyid. “Perancangan Alat Ukur Kinerja Organisasi Dengan Metode Balanced Scorecard Pada Tk Madinah Design of Organizational Performance Measurement Using the Balanced Scorecard Method in Madinah Tk” 6, no. 2 (2019): 6643–52.

Suryono, Bambang. “Organisasi Nirlaba: Karakteristik Dan Pelaporan Keuangan Organisasi.” Ekuitas 3, no. 2 (1999). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24034/j25485024.y1999.v3.i2.1883.

Sutrisno, Amin, Ivanka Yudistira, and Usman Alfarisi. “Pentingnya Pendidikan Anak Di Usia Dini.” In Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UM, 1–4. Jakarta, 2021. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat%0AE-ISSN:

Swaim, Robert. The Strategic Drucker: Growth Strategies and Marketing Insights from the Works of Peter Drucker. Innovation and Entrepreneurship, 2010.

Usman, Benny. “Pengaruh Iklim Kerja Dan Semangat Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Universitas PGRI Palembang.” Jurnal Media Wahana Ekonomika 8, no. 2 (2019): 112.

Yusuf, Nasruddin. “Menilik Dasar Dan Orientasi Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Ilmiah Iqra’ 3, no. 2 (2018). https://doi.org/10.30984/jii.v3i2.557.

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Lirizki, R. (2024). Arsitektur Perspektif Balanced Scorecard Lembaga Taman Kanak-Kanak Islam Di Indonesia . Tanzhim: Jurnal Dakwah Terprogram, 2(1), 25–44. https://doi.org/10.55372/tanzhim.v2i1.19

Terbitan

Bagian

Artikel