Konsep & Kerangka Analisis Manajemen Strategis Dakwah
DOI:
https://doi.org/10.55372/tanzhim.v3i2.50Kata Kunci:
Manajemen Strategis, Keunggulan Kompetitif, Kerangka Analisis Lingkungan, Organisasi DakwahAbstrak
Disrupsi menjalar pada berbagai ruang kehidupan, menghadirkan transformasi radikal pada cara berpikir, cara bekerja, dan semua perangkat sistem yang menyertainya. Bukan hanya individu, semua institusi sosial, komersial, hingga lembaga publik harus lentur beradaptasi dengan situasi yang baru. Kemampuan adaptasi organisasi pada dinamika lingkungan harus didukung oleh seperangkat konsep dan kerangka analisis strategis yang responsif demi mempertahankan keunggulan kompetitifnya. Bagi organisasi dakwah, perlu konversi teoritis atas konsep dan kerangka analisis yang seirama dengan karakter lingkungan dakwah. Yaitu konversi yang tidak semata berdimensi aksiologis, melainkan lebih bersifat strategis dan metodologis. Artikel ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif-teoritis (basic research), berbasis pada analisis deduktif dengan melakukan sintesa konsep dan kerangka analisis manajemen strategis dengan esensi dan karakter dakwah. Sehingga menghasilkan konversi teoritis atas konsep strategi dan keunggulan strategis serta kerangka analisis yang relevan dengan lingkungan organisasi dakwah. Konsep dakwah yang konvensional dari warisan masa lalu harus dikonversi menjadi dakwah strategis yang lebih adaptif, inovatif, kompetitif dan berdaya guna secara multi-dimensional. Keunggulan kompetitif organisasi dakwah harus dikonversi menjadi keunggulan kolaboratif yang lebih menekankan pada semangat kemitraan mutualistik dengan khalayak dakwah (mad’u). Dan konsekuensi berikutnya, kerangka kerja analisis lingkungan berbasis SWOT bisnis harus bisa dikonversi menjadi analisis SWOT dakwah yang lebih holistik dan optimistik.
Referensi
______, dalam Kapita Selekta Manajemen Dakwah 1, Perkumpulan Zhena Ardh Grumma, Surabaya, 2020.
Affandy, Shofyan, Analisis SWOT Dakwah, Surabaya: Perkumpulan Zhena Ardh Grumma, 2020.
Anas, Ahmad, Paradigma Dakwah Kontemporer, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2005.
Azis, Mohammad Ali, Ilmu Dakwah (Edisi Revisi), Jakarta: Prenadamedia Group, 2016.
David, Fred, Manajemen Strategis : Konsep, Jakarta : Salemba Empat, 2010.
Dewi, N.N. Implementasi Perencanaan Strategis pada Lembaga Pendidikan Tinggi Swasta. Jurnal Manajemen, 22(2), 262-275, 2018.
Enjang AS, dan Aliyudin, S.Ag., M.Ag., Dasar-dasar Ilmu Dakwah : Pendekatan Filosofis dan Praktis, Bandung : Widya Padjajaran, 2009.
Fauzi, Rahmat, Strategi Pengembangan Masjid di Era Globalisasi dengan Pendekatan Analisis SWOT, Jurnal Ilmiah Al-Mudarris, 2017.
Fontaine, Rodrigue dan Khaliq Ahmad, Strategic Management from an Islamic Perspective: Text and Cases, John Wiley & Sons Singapore Pte. Ltd., 2013.
Hunger, David dan Thomas L. Wheelen, Manajemen Strategis, Yogyakarta : Penerbit Andi, 2009.
Jemsly Hutabarat & Martani Huseini, Strategi : Pendekatan Komprehensif dan Terintegrasi, Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia, 2011.
Junaidin, Helda Rostiani, Ahmad Efendi, Maqashid Al-Syariah In Strategic Management, Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran Volume 10, Issue 2, 2024.
Kasali, Rhenald, Disruption: Tak Ada yang Tak Bisa Diubah Sebelum Dihadapi, Motivasi Saja Tidak Cukup. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2017.
Muhammad, Suwarsono, Manajemen Strategis : Konsep dan Kasus, Yogyakarta : UPP STIM YKPN, 2008.
Muzakki, Muhammad Ilham, Penerapan Analisis SWOT pada Lembaga Pengelola Masjid Al-Hidayah Kampus Universitas Gadjah Mada, Jurnal Rekayasa Sistem dan Teknologi Industri, 2020.
Nurhadi, Analisis SWOT dalam Pengembangan Manajemen Masjid, Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 2018.
Pearce, John A., dan Richard B. Robinson, Manajemen Strategis : Formulasi, Implementasi, dan Pengendalian, Jilid 1, Tangerang : Bina Rupa Aksara.
Priyambodo, Tomy dan Agus Mulyono, Analisis SWOT dalam Pengembangan Pemberdayaan Ekonomi di Masjid, Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani, 2018.
Rahmatullah, Prinsip Implementasi Manajemen Strategik dalam Perspektif Islam, Jurnal Qolamuna, Volume 3 Nomor 2 Februari 2018, hal 207-218.
Rangkuti, Freddy, Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT : Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI, Jakarta: Gramedia, 2013.
Safitri, Lina, dan Trianawati, Penerapan Analisis SWOT dalam Perencanaan Strategis Organisasi Non-profit, Jurnal Bisnis dan Manajemen, 2019.
Shodiqin, Ahmad, Penerapan Analisis SWOT pada Lembaga Pengelolaan dan Pemberdayaan Masjid, Jurnal Iqtishoduna, 2019.
Siagian, Sondang P., Manajemen Stratejik, Jakarta : Bumi Aksara, 2011.
Štěpánková, Martina, The Use of SWOT Analysis in Non-profit Organizations, European Journal of Business and Social Sciences, 2017.
Suyono, Hadi, Analisis SWOT pada Sektor Koperasi di Indonesia, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 2017.
Usman, Abdul Halim, Manajemen Strategis Syariah: Teori, Konsep & Aplikasi, Jakarta: Zikrul Hakim, 2015.
Wibowo, A. Implementasi Perencanaan Strategis pada Organisasi Non Profit, Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 2(1), 2015.
Yusanto, M.I., dan M.K. Widjayakusuma, Manajemen Strategis Perspektif Syariah, Jakarta: Khairul Bayaan, 2003.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Shofyan Affandy

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.








